Belajar Dasar Rumus Vlookup Pada Excel Lengkap

Vlookup sangat sering di gunakan di berbagai bidang baik itu di area perkantoran atau pun endidikan, mungkin ini adalah rumus yang selalu dan sering di gunakan selain rumus hitung menghitung diexcel. 
Vlookup sendiri berfungsi sebagai pencarian data di kolom pertama dan mengambil data pada dengan baris yang sama pada suatu table, V yang berartikan Vertikal. 

Yang pada akhirnya Vlookup digunakan sebagai pengisian data dengan sumber atau refrensi lain, baik itu beda sheet maupun beda table. 

Langsung aja ktia praktekan tidak butuh teori tapi kalau penjelasan nanti akan di berikan di bawah ya :

Buatlah tabel dengan sama seperti gambar di atas kalau tidak mau sama yaudah gak apa walaupun berbeda tapi fungsinya tetep sama.

NIRM itu harus sama ya di Data Mahasiswa dan Data Nilai Mahasiswa, alasan kenapa NIRM itu harus sama karena saya mengisi Data Nilai Mahasiswa berdasarkan NIRM ditambah lagi NIRM itu kan kunci dari seorang mahasiswa dan pada intinya apapun tabel yang kalian buat pasti ada kunci utamanya atau berdasar kan apa, seperti Kode Barang, Kode Kostumer dan ID Dokter, macem macem dan masih banyak lagi.

Setelah selesai membuat itu, kalian berikan nama tabel, caranya :


Data Mahasiswa, kalian blok semua datanya, dari MS001 sampai SI210, setelah udah di blok berikanlah nama tablenya, hal ini bertujuan memper mudah kalian aja biar tidak bingung, kalau gak di buat nama tablenya entar akan menjadi B4:D13.

Sekarang tahap membuat Vlookup :


Rumus : =VLOOKUP(G4,mahasiswa,2,FALSE)

  • G4, adalah kata kunci atau berdasarkan dimana artinya Nama Mahasiswa tersebut berdasarkan apa, kalau kasus ini dia berdasarkan NIRM.
  • mahasiswa merupakan tabel dari Data Mahasiswa kalau gak di buat nama tabelnya maka akan menjadi B4:D13
  • 2 adalah letaknya kolom dari mahasiswa, kan bentuk tabel Data Mahasiswa ada 3 terdiri dari NIRM, Nama Mahasiswa dan Kelas, nah dihitunglah NIRM (kolom 1) Nama Mahasiswa (kolom 2) dan Kelas (kolom 3). Beruhung kita ingin isi Nama Mahasiswa maka yang dipilih adalah kolom 2.
  • False adalah nilai dari logika yaitu 0 dan 1 (nilai pasti dan tidak pasti). Jika kalian sudah pasti dengan nilainya yaudah kalian buat aja 0/false jika tidak pasti buat aja 1/True.
  • Vlookup disini jelas banget ya karena kita ngebahas Vlookup ya pastinya Vlookup dong gak mungkin SUM kita buat menghitung jumlah.
Kalau 1 aja yang sudah berhasil, kalian cukup tarik aja begitulah cara cepatnya di excel tapi itu adalah cara susahnya untuk belajar excel karena kalian main tarik tarik aja jadi abis itu lupa lagi hahaha.

Untuk mengisi nilai Kelas sama juga seperti mengisi Nama Mahasiswa jadi selamat mencoba untuk mengisi Nilainya ya. Kalau udah berhasil pasti hasilnya seperti ini dimana Nama mahasiswa dan Kelas itu berdasarkan NIRM.


Post a comment

0 Comments