Cara Mudah Mengatasi Lupa Pola Pada Smartphone Menggunakan Recovery Mode


Halo sobat aHome, kali ini mimin akan memberitahu bagaimana cara Hardreset / Recovery Mode smartphone Samsung.

Recovery Mode adalah perangkat lunak yang telah ditanamkan didalam smartphone untuk memperbaiki smartphone kepengaturan pabrik dan juga untuk melakukan proses update Firmware.

Jika smartphone samsung sobat aHome mengalami lupa pola atau pin kunci layar, tidak bisa masuk kemenu, applikasi sering force close, bootloop(stuck logo) hanya logo samsung, dan notifikasi sayangnya applikasi terlah berhenti.

Kebanyakan kerusakan-kerusakan diatas bisa diatasi menggunakan cara Hardreset, syaratnya smartphone sobat aHome dalam keadaan hidup (tidak mati total), dan tombol vol+, Home , Power dalam keadaan masih berfungsi. karena kita akan menggunakan kombinasi 3 jari.

Proses Hardreset akan menghapus seluruh data dimemori internal seperti Musik, Foto, Video, kontak, dll ya sobat aHome. Tapi bila kondisi smartphone Samsung sobat aHome masih bisa masuk menu, sobat aHome bisa membackup terlebih dahulu data yang ada, meyimpan di SD Card / Memori External atau PC sobat aHome.

Baiklah mimin akan memberikan langkah-langkah masuk ke recovery mode menggunakan kombinasi 3 jari:
  1. Matikan smartphone Samsung sobat aHome terlebih dahulu
  2. Dalam keadaan mati, tekan secara bersamaan tombol Home + Vol+ + power lepaskan jika logo samsung muncul (Biasanya mimin terlebih dahulu menekan tombol vol+ + home baru power, yang penting tombol power terakhir)
  3. Tunggu hingga muncul recovery mode, akan ada beberapa pilihan
  4. Untuk Navigasi, gunakan tombol Vol - + dan power untuk memilih
  • Ada disebagian smartphone setelah sobat aHome menggunakan kombinasi 3 jari tidak langsung masuk ke menu pilihan revocery mode, melainkan ada robot yang sedang berbaring yang keluar, sobat aHome bisa menekan tombol power supaya masuk ke pilihan recovery modenya
  • Untuk dibeberapa smartphone Samsung yang tidak memiliki tombol home, masuk ke recovery modenya menggunakan kombinasi 2 jari Vol+ + Power ya sobat aHome.
Wipe Data Samsung
  • Setelah sobat aHome masuk ke revovery mode, pilih "Wipe data/Factory reset"
  • Kemudian akan muncul tampilan baru, sobat aHome tinggal mencari yes dah pilih menekan tombol power
  • Maka Proses Factory reset akan berjalan, sobat aHome tinggal menunggu hingga selesai.
  • Dan Terakhir pilih "Reboot System Now" untuk merestart Smartphone
Maka smartphone sobat aHome akan memulai loading untuk masuk kemenu tampilan utama, biasanya agak lama sih tergantung smartphone sobat aHome.

Semoga bermanfaat untuk sobat aHome semua. ^_^

Post a comment

0 Comments