Cara Membuat Daftar Hadir Menggunakan Excel 2019

Excel merupakan aplikasi perangkat luna atau bisa juga di sebut software, excel banyak di gunakan di berbagai macam pihak, baik pendidikan ataupun perusahaan, banyak alasan kenapa excel banyak di gunakan yang pertama excel mampu membuat laporan keuangan, menjadi kalkulator, membuat daftar hadir dan masih banyak lagi kegunaannya. 

Kali ini ahome akan memberikan cara membuat daftar hadir yang simple dan cepat membuat daftar hadir, dimana daftar hadir ini hanya diperuntukkan mengisi paraf atau kebutuhan absensi yang sederhana saja, seperti rapat, kondangan (tergantung siatuasi dan kondisi). 

Buatlah kerangkanya dulu seperti ini : 


Catatan : 
Paraf menggunakan Merge & Center. 


Dan kasihlah border. Pilih All Borders. 

Isi data nya sesuai kebutuhan, jangan lupa sesuai kan dengan judul (No, Nama, Paraf/Tanda Tangan) nya ya, seperti ini : 


Setelah selesai bagian di atas maka lanjut masuk kerumusnya, di bagian paraf 


Ketikkan =A4&”.” Nanti akan menghasilkan 1. Dimana arti dari rumus tersebut, A4 menunjukkan nilai yang di tuju, A berarti kolom dan 4 adalah baris. Jika kalian membuat =B4&”.” Maka yang akan muncul adalah Budi Sumardi. 

Untuk simbol & ini berfungsebagai menambahkan atau menjadi penghubung di antara objek hal ini berlaku juga di berbagai semua program. 

Kalau sudah lanjut aja buat sampai 5 dan hasilnya seperti ini : 


Pada bagian paraf garis tengahnya ilang, ini di buat dari bagian borders pilih More Borders nanti akan muncul menu seperti ini, disitu kan ada kotak, yang tulisannya ada teks, di antara ke dua teks itu ada garis tengah, tinggal klik aja buat menghilangkan garis tengahnya. Maka akan hilang garis tengahnya. 


Hasil :


Setelah semua tahapan berhasil kalian hanya perlu merapikan aja dan buat sesuai keinginan perusahaan ataupun absensi yang di suru buat. 

NB: ketika data yang di masukkan ganjil maka seperti itu, jika genap maka akan sama tempat paraf nya seperti di angka 1, 2, 3 dan 4. Maka dari itu saya katakan tinggal sesuaikan aja apa yang kalian inginkan dan terlihat bagus. 

Post a comment

0 Comments