PC Di Hidupkan Tapi Tiba-Tiba Tidak Bisa Tampil? Troubleshooting PC


aHome in Words – Halo sobat aHome, ketemu lagi dengan tim aHome in Words. Pernah ga, ketika lagi mau pakai komputer PC dihidupkan tapi tiba-tiba tidak bisa tampil? Nah kali ini mimin mau berbagi cara troubleshooting pada PC yang tidak bisa tampil nih. Yuk coba ikutin langkah-langkah dari mimin.

MONITOR
Pertama, yang harus kita lakukan adalah coba periksa monitor kita dalam keadaan hidup atau tidak. Jika tidak coba periksa kabel power monitor apakah dalam kondisi yang baik.


Jika kabel power dalam keadaan baik tapi masih tidak tampil coba periksa kabel VGA dari PC ke monitor apakah dalam keadaan baik.
POWER SUPPLY
Untuk langkah ke-dua, sobat aHome coba cek switch pada power supply apakah sudah berada di posisi benar. Posisi switch yang benar adalah berada pada settingan 220v/230v. biasanya switch ini terletak pada posisi bagian belakang casing PC.

MEMORY
Untuk cara ke-tiga, jika langkah diatas sudah dilakukan tapi masih tidak bisa tampil adalah melakukan pengecekan pada komponen dalam pc yaitu memory.

Sobat aHome bisa mencoba melepas komponen memory ini dan kemudian membersihkan komponen tersebut dengan mamakai penghapus atau tissue.

Baterai CMOS
Untuk langkah ke-empat, sobat aHome bisa mencoba mereset BIOS pc dengan cara melepas pasang baterai CMOS yang ada di motherboard dan jika tetap tidak bisa sobat aHome bisa mengganti baterai CMOS baru. Biasanya harga baterai CMOS sekitar 15 ribuan.



PROCESSOR
Apabila sudah mencoba ke-empat langkah diatas tapi masih tidak bisa. Langkah selanjutnya adalahh dengan mencoba pasang ulang processor. 
Cek apakah ada pin dalam processor ini yang bengkok atau patah. Jika bengkok sobat aHome bisa mencoba menggunakan pin set untuk meluruskan kembali posisi pin yang bengkok. Tapi jika patah sobat aHome kita sarankan membawa ke toko service yang berpengalaman.

VGA Card
Jika sobat aHome ada menggunakan komponen eksternal VGA card, sobat aHome bisa mencoba melepas komponen ini dan memakai colokan VGA yang ada di Motherboard. Jika bisa tampil saat memakai VGA yang ada dimotherboard berarti VGA Card eksternal sobat aHome bermasalah. Jika tidak kemungkinan motherboard sobat aHome yang bermasalah.

Nah, itu adalah beberapa cara yang bisa sobat aHome praktekan ketika PC sobat aHome dalam keadaan hidup tapi tidak tampil. Jika sudah melakukan semua cara diatas tapi masih tidak bisa tampil, mimin saranin sobat aHome membawa ke teknisi yang lebih berpengalaman untuk dicek lebih lanjut.

Tunggu artikel kita selanjutnya ya, See you.

- A Home In Words, Words Make Feel Like at Home -

Post a comment

0 Comments