10 Sosial Media Cocok Untuk Bisnis


Sosial Media adalah perantara dimana orang bisa bersosialisasi atau saling ber interaksi satu sama lainnya bahkan sosial media mampu membuat interasksi tersebut menjadi private atau dalam ber kelompok, situasi ini dilakukan di dunia maya dimana para pengguna membutuhkan koneksi internet.

Tak luput dari itu para pedagang juga memanfaat situasi dan kondisi tersebut dimana banyak orang orang yang memulai bisnis mereka di dunia maya atau pun sosmed. Baik dari usaha kecil kecilan sampai usaha yang besar sekalipun.

Dimana mereka mempergunakan sosmed itu untuk menjadikan sarana informasi, bahwasanya mereka menjual produk, hal ini berdapampak baik para penjual dikarenakan mudahnya dalam promosi bahkan tidak perlu menguras tenaga yang banyak ditambah lagi mempunyai jaringan yang luas bisa keluar provinsi bahkan hingga keluar negri, hal ini berbeda jauh ketika tidak menggunakan sosial media. Jika tidak menggunakan kalian hanya berada di tempat saja menjual produk produk atau barang barang yang akan di jualkan.

Berdagang di sosial media ini prinsipnya sama dengan sales dimana mereka saling sama sama melakukan aksi dor to dor(pintu ke pintu), di sosmed pun juga kalian akan men shaer dari grub ke grub atau fans page ke fanspage, bila perlu pun di komen komen orang memberikan dagangan kalian. Intinya kalian harus mencari komunitas atau grub grub baru deh kalian bisa mempromosikannya.

Ini ada beberapa sosmed yang bagus untuk promosi barang dagangan secara online :

1.  Facebook

Facebook adalah social media yang sangat populer dimana penggunanya bisa mencapai miliaran user. Ingin mempromosikan bisnis facebook adlaah pilihan yang terbaik, knpa? Karena banyaknya fitur facebook ada story, komunitas, market, grub bahkan kita juga bisa memasang iklan kita di facebook sendiri tapi hal ini kalian harus membayar ke facebook.

2.  Instagram

Instagram adalah bagian dari perusahaan facebook tapi instagram hanya mempunyai fitur video dan gambar tapi jangan khawatir banyak para pedagang yang mempromosikan barang barangnya di sosial media ini dari segi sponsor atau pun endors. Ada cara dimana dagangan kalian akan di promosikan oleh artis artis ataupun para selebgram tapi ya dengan biaya yang sangat mahal. Jika ingin gratis kalian cukup membuat account dan kalian harus rajin komen di tempat yang ramai komentarnya atau tempat artis artis gitu, komen aja dagangan kalian.

3.  Twitter

Twitter agak berbeda fiturnya dengan sosial media yang lain karena twitter hanya berupa cuitan jadi lebih dominan hanya percakapan saja. Tapi jangan salah ragu untuk men share di sosial media ini karena twitter merupakan sosial media yang banyak di gunakan di tambah lagi twitter terkenal dengan hastag (#).

4.  Youtube

Walaupun fiturnya hanya video akan tetapi dari kalian melihat video menunjukkan dari kualitas barang dengan jelas. Hal ini sudah banyak yang melakukannya bahkan tahun tahun kedepannya youtube mungkin akan memegang online shop. Hal ini disebabkan karena bisa melihat detail dari barang di tambah lagi kalian bisa melihat performa dari barang tersebut plus tambahan cara penggunaan hingga rasa dll.

5.  Whatsapp

Sosial media yang hanya memiliki membuat story dan adanya membuat grub bukan berarti lemah dalam bidang pemasaran online shop, gunakan prinsip yang saya katakan dor to dor pasti kalian akan dilirik, bergabunglah dengan grub grub lalu sebarkanlah barang yang ingin kalian jualkan.

6.  Linkedin

Banyak yang bilang linkedin tempatnya kalian ingin melamar kerjaan atau bla bla bla, kalian jangan ragu di sosmed ini kalian cukup memberikan kesan pertama dari dagangan dan menambahkan jumlah koneksi kalian baik di kenal maupun tak kenal, jadi gunakanlah koneksi dan kesan kalian sebagus bagusnya jika bagus ada kemungkinan yang ingin berlangganan atau bekerja sama dalam bisnis.

7.  Tumblr

Tumblr bisa di bilang blogger ataupun wordpres tapi tumblr ini lebih sederhana saja tak hanya dari itu Tumblr juga ada fitur follow sama seperti facebook dan twitter atau sosial media lainnya yang menggunakan fitur follow. Jadi perbanyak koneksi juga dan lakukan deskripsi penjualan dari online shop kalian.

8.  WeChat

WeChat ada fitur dimana menunjukkan waktu realtime kita di tambah lagi adanya People Nearby jadi kita dengan mudah di percaya orang ataupun para pembeli bisa mengetahui toko kita dengan gampang, jika menemukan toko tersebut kalian tinggal menunggu pembeli meng add lalu berinteraksi dengan pembeli.

9.  Snapchat

Smapchat mungkin yang di pikiran kalian agak aneh tapi sebelum itu kalian lupa dengan fitur fitur yang di punya snapchat. Melakukan undangan partisipasi, membuat online shop kalian menjadi lebih kreatif jadi membuat orang tertarik dan penasaran kepada produk yang kalian jual dan buatlah konten yang sebaik mungkin dalam pemasaran barang dagangan jangan lupa juga ya di snapchat ada fitur following jadi perbanyak juga following kalian ya.

10. Line

Sama seperti Instagram ada jasa pembayaran dalam periklanan, dimana kalian mencari followersnya yang banyak terus kalian lakukanlah kerja sama, dia promosikan abrang dan kalian kasi detail rincian barang. Ingin gratis kalian bisa melakukan saling promosi jadi gratis kan tidak adanya uang sepeser pun yang keluar dari kalian.

Itulah beberapa Sosmed yang bagus untuk di gunakan dalam promosi online shop kalian sebenernya ada banyak sih tapi ada beberapa yang sudah tutup seperti Google+ itu penggunanya banyak banget jadi pas banget buat mempromosikan barang dagangan tapi banyaknya masalah pada Google+ jadi pihak google menutupnya.

Sosmed tak hanya itu itu aja tapi ada beberapa sosmed yang hanya di peruntukkan di negaranya saja seperti Qzone ini banyak di gunakan di negara china saja dan Vkontakte untuk negara rusia, sebenernya bukan khusus ya tapi mendominasi seperti Vkontakte banyak kok orang indonesia yang menggunakannya tapi memang orang rusia lebih mendominasi sama juga seperti Qzone kalau kalian pandai bahasanya ya tidak masalah.

Kesimpulan

Usaha dalam mempromosikan haruslah lebih giat dan yang pastinya usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Lakukanlah pembangunan koneksi hingga berikan kesan baik di jamin akan mempermudah kalian dalam melakukan online shop, jika ada banyak komunitas langsung masuk aja dan manfaatkan kesempatan itu sebaik baik mungkin dan jangan pernah malu dalam mempromosikan atau tidak percaya diri dalam dagangan.


Post a comment

0 Comments