Song Request




Hai para pembaca, kali ini penulis akan menggunakan bahasa yang sedikit lebih santai dari biasanya hahaha
Apa kabar?
Apakah kalian sudah makan?
Apakah hari ini kalian sudah mengingat hal yang menyenangkan?
Apakah kalian sudah mandi? Sikat gigi? Sudah memastikan semua pekerjaan selesai? Jika belum, segeralah selesaikan, jika merasa capek istirahatlah sedikit.
Kenapa penulis menanyakan hal-hal trivia seperti itu?
Karena kali ini penulis akan menceritakan tentang seorang yang ingin kita semua dalam keadaan baik, emosi maupun fisik.
Ah… orang ini sangat berharga untuk penulis, dialah yang telah menemani penulis dan menyadarkan penulis dalam berbagai hal.
Dia adalah laki-laki yang membuat penulis menjadi manusia yang lebih baik.
Penulis berharap dia dalam keadaan yang sehat, melihatnya lebih sering tersenyum belakangan ini membuat penulis sangat bahagia.
Terima kasih, SUGA.
Ya, SUGA, bukan Sugawara Koushi dari Haikyuu!! Haahaha ya ampun penulis masih ingat waktu pertama kali mengenal nama lelaki satu ini. Sebelum mengenal namanya, penulis hanya mengenal 1 Suga, dari Haikyuu!! Jadi bayangan penulis tentang Suga adalah orang yang manis.  Dan betapa terkejutnya penulis saat mengenal SUGA yang ini, yang memiliki skill rap, menciptakan lagu, dan lirik yang kadang sangat savage dan shading. Ya, SUGA dari boyband yang sedang fenomenal berasal dari Korea Selatan.
Bangtan Sonyeondan, Bulletproof Boyscout, Bangtan Boys, Beyond The Scene, dan yang paling dikenal dengan BTS.
SUGA atau yang selanjunya akan penulis sebut dengan Min Yoongi, lahir di Daegu, Korea Selatan, pada tanggal 09 bulan Maret tahun 1993, seorang Pisces.
Ahh… kalian pasti sudah kenal perjalanan Yoongi, lahir dan besar di daegu, umur 13 tahun sudah mulai menciptakan lagu, menjualnya dengan harga murah bahkan gratis, menentang ayah dan ibu yang menolak untuk mendukungnya dalam pilihan karirnya, di tabrak oleh mobil hingga bahu terluka, meninggalkan kampung halaman demi karir di bidang music, menjadi seorang rapper underground dengan nama Gloss, masuk audisi BigHit, yang harusnya menjadi produser malah menjadi idol, di tentang oleh rapper lain sama seperti RM yang penulis ceritakan dalam postingan sebelumnya, ah… para ARMY sekalian dan pembaca pasti sudah tahu Suga yang sekarang dan yang dulu. Bahkan yang penulis ceritakan itu dalam urutan yang tidak beraturan dan masih banyak yang penulis lewatkan.
Penulis masih ingat bagaimana penulis sangat mengagumi skill rap dan dance nya dalam lagu No More Dream dan Danger.
Dia adalah lelaki yang luar biasa.
Tapi cukup sampai disini penulis menceritakan tentang lelaki yang penuh passion dan pekerja keras ini. Jika penulis lanjutkan bagaimana Min Yoongi pada pembaca sekalian akan tidak ada habisnya. Bahkan bisa menjadi skripsi jika penulis lanjutkan hahaha
Kali ini penulis ingin fokus dalam berbagai karyanya.
Karya Min Yoongi sangat hebat dan banyak, hampir semuanya telah membantu Penulis bahkan sangat penulis nikmati sampai sekarang. Dan penulis akui, mulai dari lirik dan music, lagu-lagu ciptaan Min Yoongi sangatlah luas jangkauannya. Mulai dari Hip Hop, Pop, R&B dan lain-lain.
Penulis akan memberikan beberapa review dan rekomendasi pada pembaca sekalian, semua List di bawah ini tidak berurutan dalam tahun atau tanggal, semuanya murni dari yang penulis ingat. Jadi semua ini sangatlah mentah.
Bagaikan lagu-lagu di mixtape pertamanya ‘AGUST D’
Ahhh baiklah karena kita berbicara mengenai AGUST D kita mulai dengan yang pertama :

1.    AGUST D (AGUST D)
AGUST D adalah salah satu single dari mixtape pertama SUGA dengan judul mixtape AGUST D juga, bahkan nama Yoongi di dalam mixtape ini bukanlah SUGA tetapi AGUST D, menurut penulis , lagu ini sangatlah fenomenal dikalangan ARMY, bagaimana tidak? Lagu ini dikeluarkan tahun 2016, dimana BTS baru-baru saja naik dan mendapat berbagai kecaman dan komentar yang sangat tidak enak dari berbagai pihak, tetapi rapper kebanggaan ARMY ini malah mengeluarkan mixtape yang menyindir para haters dengan lirik kontroversi dan kata-kata vulgar lainnya. Oh my god, penulis masih ingat waktu membaca translasi dari lirik AGUST D, dan sampai sekarang, lagu ini masih Berjaya di antara kami para ARMY, karena (hampir) semua lirik AGUST D terjadi pada AGUST D sekarang, secara perlahan tetapi pasti. Ahhhhh kalian semua harus menonton video klip resmi AGUST D, selain Yoongi terlihat sangat sangar dan tampan di sana, liriknya juga akan menyadarkan kalian untuk tidak main-main dengan seorang AGUST D.

2.   The Last (AGUST D)
Masih dari mixtape AGUST D, The Last adalah salah satu single dari mixtape legendaris ini. Hmmm… lagu ini terkesan gelap dan mentah, sangat mentah, bahkan sampai sekarang penulis dapat merasakan sakitnya dan mentah nya rap Yoongi di dalam album ini, sebelum penulis mengetahui tentang apa lagu ini, penulis yang saat itu dalam kondisi yang sangat buruk mengerti pahitnya emosi AGUST D hingga ke kerongkongan penulis. Berdasarkan translasi dari lirik The Last, Yoongi terbuka tentang perjuangannya melawan depresi dan kegelisahaannya.
On the other side of the famous idol rapper
Stands my weak self, it’s a bit dangerous
Depression, OCD
They keep coming back again from time to time
Hell no perhaps that might be my true self
Damn huh feeling estranged in reality
The conflict with ideal, my head hurts
Around the age of 18, I developed social anxiety
Right, that was when my mind was gradually polluted”
Berikut adalah sepenggal lirik dari lagu The Last, masih verse 1, kalian bisa mencari tahu sisanya dengan mendengarkan lagu ini sambil melihat terjemahannya, mungkin para pembaca sekalian akan mengerti tentang betapa kerasnya melawan penyakit mental yang sering kita  tidak perdulikan. Atau bagi para pembaca yang sedang berjuang mungkin lagu ini bisa mejadi motivasi bagi kalian.
Ah… sungguh hal yang lucu menurut penulis mengenai lagu ini, waktu penulis mendengarkan lagu ini pertama kali, penulis juga dalam keadaan yang sama, penulis sedang berjuang melawan diri penulis sendiri. Sungguh waktu itu adalah waktu terburuk bagi penulis, dimana penulis tidak tahu, hidup penulis untuk apa. Dan saat mendengar dan mengerti lagu ini, penulis tidak merasa sendiri, ah bahkan penulis mulai memberontak pada diri penulis sendiri. Berusaha mencari cara bagaimana penulis melanjutkan hidup penulis.
Jadi, bagi para pembaca yang sedang berjuang. Bertahanlah. Jika pembaca sekalian telah melewatinya, selamat, mari hidup lebih baik, dan jika pembaca lain mengetahui ada teman yang sedang berjuang, mari dukung mereka. Kami tidak perlu belas kasih atau bantuan yang besar. Cukup di sebelah kami dalam diam atau hanya memegang tangan kami sudah cukup.

3.   So Far Away (AGUST D ft Suran)
“Dream, wherever you might be
It will be lenient
Dream, you will fully bloom
After all the hardships”
Kutipan terjemahan lirik dari lagu ini masih menyat hati penulis dan semua orang yang mengenal lagu ini, lagu ini juga yang menemani penulis di masa terburuk penulis dulu.
“I live because I can’t die” adalah lirik favorit milik penulis secara pribadi. Dengan jujur penulis katakan kepada pembaca sekalian, waktu itu penulis ingin mengakhiri hidup penulis, tetapi dengan sepenggal kalimat tersebut, penulis memberi alasan kepada diri penulis sendiri, menerima kenyataan bahwa penulis hidup karena penulis tidak bisa mati. Dan itu pahit sekali, tiap detiknya adalah penyiksaan bagi penulis.
Ah… penulis bersyukur bahwa penulis telah bertahan.
Lagu ini telah di remake kembali oleh Yoongi bersama Jungkook dan Jin waktu anniversary BTS, Festa 2017, pada versi originalnya Yoongi berduet dengan penyanyi solo bernama Suran, keduanya penulis suka, dimana versi original lebih pahit, dan versi remake dengan Jungkook dan Jin lebih penuh harapan.

4.   DDaeng (RM, SUGA, J-HOPE (BTS))
Sudah cukup sedihnya! FESTA merupakan perayaan dari BTS yang sangat penulis suka karena keluarnya lagu-lagu menarik seperti ddaeng ini.
Aaaahhh lagu ini memiliki kesan tradisional asia, menurut ARMY instrument tradisional dimasukkan karena banyak sekali rumor mengenai BTS yang menjadi terlalu kebarat-baratan hingga mereka melupakan dari mana asal mereka, dan tiba-tiba saja Rapline BTS yaitu SUGA, RM dan J-Hope mengeluarkan lagu gratis yang bisa di nikmati oleh semua orang ini dengan instrument yang sangat kental tradisionalnya bahkan semua ARMY begitu shookedt, dan liriknya, ya ampun liriknya, bahkan penulis yang tidak menjadi target sasaran lirik lagu ini merasa sakit hati hahahahahahahahah
OHMYGOD Rapline tidak main-main dengan lagu ini. Kata Ddaeng sendiri adalah sound effect dari bahasa korea yang menunjukkan suara bel saat seorang menjawab pertanyaan dengan salah. Seperti bahasa Indonesia TENG atau DING begitu, dan RM bermain kata dengan ddaeng ini di dalam liriknya, jika kalian melihat beberapa analisis dari beberapa youtuber korea, kalian akan mengerti juga, jika kalian semua ingin tahu tentang lagu ini bisa mengunjungi soundcloud BTS atau menonton mereka waktu FESTA di official youtube mereka. Penulis sangat merekomendasikan lagu ini. Mulai dari music hingga liriknya.

5.   First Love (BTS)
Berasal dari album WINGS, dimana terdapat 7 track yang merupakan karya solo masing-masing member, First Love adalah karya solo Yoongi dalam album ini, lagu ini terdengar melankoli dengan instrument piano diseluruh lagu dan biola di bagian akhir, di lengkapi dengan rap milik Yoongi yang penuh dengan emosi membuat lagu ini merupakan salah satu track favorit penulis dari album Wings.
Lagu ini menceritakan tentang cinta pertama Yoongi, yaitu sebuah piano, yang ia ingat dibagian ujung memori milik Yoongi, sebuah piano cokelat besar terduduk di sana. Dimana piano ini merupakan alasan ia menyukai musik, tetapi hidup berkata lain dan ia harus meninggalkan piano ini. Lalu kemudian ia mengingat kembali sang piano dan berkat hal tersebut ia memiliki kembali passion yang ada.
Sungguh lagu yang indah, jika pembaca ingin mendengar lagu yang penuh emosi dan indah, penulis menyarankan lagu ini.
  
6.   Eternal Sunshine (Epik High)
Epik High, bagi para K-Popper tua bukanlah nama yang asing, mereka sendiri adalah legenda dalam dunia hip hop Korea, bahkan penulis yakin hampir semua dari pembaca sekalian pernah mendengar lagu Epik High secara tidak sengaja.
Berkat Epik High, Yoongi mulai tertarik dengan Hip Hop. Dan lihat dia sekarang, memproduseri album baru milik Epik High yang berjudul Sleepless.
Eternal Sunshine adalah salah satu single dari album yang digarap Epik High ini, dan Yoongi memproduksi nya bersama Epik High.
Pertama kali mendengarnya penulis langsung mencintai lagu ini. Bahkan penulis sempat menitikkan air mata sambil tertawa pahit, padahal penulis hanya mendengar satu kalimat bahasa inggris dari lagu ini, dimana hanya itulah yang penulis mengerti hahaha
‘I wish you eternal sunshine’
Banyak lagu indah yang telah tercipta, sedikit lagu yang menginginkan pendengar untuk bahagia. Tetapi lagu inilah salah satunya.
Mulai dari musiknya sendiri, lagu ini mudah di dengar, rap nya ringan dan membuat hati melankoli, tetapi tidak merasa kesepian.
Lagu ini menceritakan tentang penyanyi yang menyemangati para pendengar untuk tidak merasa sendiri dalam penderitaan menjalani hidup ini, untuk tidak terburu-buru dalam hidup ini, dan mendoakan kita matahari bersinar untuk selamanya kepada para pendengar.
Saat penulis melihat terjemahan dari lagu ini tentu saja penulis merasa senang dan sedih secara bersamaan.
Ah… karya SUGA selalu berbicara tentang realita setiap individu atau banyak orang.

7.    Song Request (Lee Sora ft Suga BTS)
Single ini  keluar sebelum Eternal Sunshine, dimana Tablo – Epik High bekerja sama dengan penyanyi solo Lee Sora dan Suga untuk menciptakan lagu yang bernuansa jazz, lagu ini sangat menenangkan, cocok didengarkan kapanpun, pergi  bekerja, sebelum tidur, pulang bekerja, sedih, senang, marah, suara Lee Sora yang penulis akui seperti penyanyi lawas yang memang benar Lee Sora adalah artis senior hahah tetapi seperti biasa, penulis lebih tertarik dengan lirik yang ditulis Suga dalam rap nya.
Penulis merasa sangat bersyukur saat mengerti dari kata-kata Suga, dimana ia memberitahu para pendengar bahwa dia akan ada selalu bersama kita di sudut hidup para pendengarnya, dan teman dari emosi kita.
Suga, Tablo dan Lee Sora menggarap lagu ini untuk para pendengar yang merasa lelah, kesepian dan sedih, merasa lebih baik dan tidak sendirian.  Itulah harapan mereka.
  
8.   Trivia : Seesaw (BTS)
Hmmm ah ini adalah lagu favorit penulis dalam album LOVE YOURSELF : ANSWER, penulis menyukai Trivia series dari rapline BTS, tetapi berkat lagu ini penulis bisa move on.
Waktu itu penulis hanya menyukai lagu ini karena bias penulis adalah Suga sendiri, tetapi setelah penulis menelaah lagu yang terdengar ceria ini, penulis tersadar dalam hubungan cinta penulis yang penulis berusaha untuk pertahankan, tetapi bagaikan seluruh lirik lagu Trivia:Seesaw ini, penulis tersadar bahwa penulislah yang harus pergi dari hubungan yang tidak mungkin kami bisa pertahankan dimana kami berdua telah bosan dan tidak saling menyukai lagi. Dimana yang ada kami saling menyakiti.
Dan baiklah, penulis lah yang pergi dari permainan seesaw ini hahaha
Dan sekarang saat penulis mendengarnya lagi, selain perasaan lega, terdapat perasaan melankoli di hati penulis, dimana hati penulis ikut bernyanyi dengan Suga.

Ah… sepertinya untuk saat ini penulis akan berhenti, akan ada beberapa lagu yang ingin penulis sampaikan, tetapi untuk sekarang hanya ini saja.
Penulis harap para pembaca menyukainya.
Beritahu penulis jika ARMY dan para pembaca sekalian menyukainya yaaaaaa
Sampai jumpa di Song Request selanjutnya
“You’ll like BTS music if you listen without prejudice” - SUGA
Bye~~~
BORAHAE

Post a comment

0 Comments