Cara Mudah Menggunakan HLOOKUP Pada Excel



Kali ini ahome ngebahas Hlookup lawanan dari si Vlookup tidak ada yang susah dari Hlookup sama seperti Vlookup jika berhasil Vlookup maka otomatis akan berhasil juga membuat Hlookup.


Hlookup adalah pengambilan data berdasarkan horizontal dimana pengambilan datanya datar atau baris, kalau Vlookup Vertikal pengambilan datanya dari atas ke bawah dan ber dasarkan kolom.

Langsung saja membuat seperti ini boleh juga dengan studi kasus yang berbeda :


Data nilai mahasiswa itu data yang akan kita isi sedangkan data Mahasiswa itu adalah sumbernya biasanya di sebut refrensi data yang akan di ambil. Sebelum itu Data Mahasiswa jadikan tabel dulu, caranya bisa lihat disini BUAT TABLE.

Setelah tahapan itu selesai tinggal masukkan aja rumusnya :

Rumus : =HLOOKUP(G4,ayam,2,FALSE)


  • Hlookup (Horizontal) formula atau rumus sendiri, rumus apa yang ingin digunakan.
  • G4 merupan lokasi dari MS001, hal ini dikarenakan pengambilan Jurusan dan Semester itu berdasarkan NIRM
  • ayam ayam ini adalah tabel dari data mahasiswa nah tabelnya yang di blok dengan warna merah seperti di gambar atas dengan tabel warna merah. Alasan membuat nama ayam ya biar simple aja jadi membuat nama tabel bisa bebas takutnya ada yang monoton banget jadi belajar itu harus dibawa senang aja.
  • 2 adalah baris yang akan di tentukan. Kalau ingin mengisi Jurusan ya pilihlah baris jurusan dengan baris ke 2, karena barisan pertama NIRM dan baris ke 3 Semester. 
  • False adalah nilai yang sudah pasti, maksudnya Nirm MS001 dengan Nama mahasiswa Sulian Arief Jurusan Sistem Informasi sudah pasti dan pas, maka buat aja False, kalau masih bimbang buat aja True.
Sama juga di bagian semester begitu juga tapi tinggal kalian ubah aja baris nya menjadi 3, seperti ini :

Rumus : =HLOOKUP(G4,ayam,3,FALSE)


Post a comment

0 Comments