Niat Sahur Dan Berbuka Puasa Lengkap Dengan Arab, Latin Dan Artinya


Yang dikabarkan hari senin pada bulan mei akan dimulainya bulan puasa di tahun 2019 (belum ada pengumuman resmi dari mentri agama) hal ini didapatkan berdasarkan hitungan.

Puasa adalah rukun islam yang ke 3 dimana hal ini sangat sangat di wajibkan oleh umat islam, sebenernya ada 3 jenis puasa yang wajib di lakukan :

1.    Puasa di bulan ramadhan
2.    Berpuasa karena nazar
3.    Berpuasa karena denda

Puasa yang bentar lagi dalam hitunga hari ini mungkin tak ada salahnya mengingat atau membaca niatan ber buka dan sahur di waktu menjelang puasa dong yaa. Nih langsung aja niat puasanya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala”

Yang artinya :“Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”.

Dikala senangnya puasa dan saur ada hal yang banyak di tunggu para umat islam yaitu waktunya ber buka puasa, ada yang mengatakan suara bedug  maghrib lebih indar di dengar dari pada suara penyanyi terkenal hahaha, emang bener sih apa lagi sehabis bedug ada suara adzan fix itu indah banget sambil menyantab makanan yang manis manis. Nih buat niat berbuka puasanya :


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”

Artinya: Ya Allah keranaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Itu adalah dua niatan di kala bulan puasa tapi ada juga doa di saat makan di saat ingin saur maupun makan malam :

Berawal dari

بِسْمِ اللَّهِ

“Bismillah”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah”

Dan doa untuk makan sebenernya setiap hari di gunakaan di saat kita ingin menyantap makanan tapi gak ada salahnya kan untuk saling mengingat sesama muslim apa lagi di bulan ramadhan ini, nih niatnya :
  
اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka”

Pernah dengerkan atau pernah baca, iya tapi jarang di gunakan para anak jaman now. Nah itu adalah beberapa niat niat di kala bulan puasa baik itu mau sahur ataupun ber buka, singkat dan gampang untuk di ucapkan. Semoga dibulan ramadhan yang penuh berkah ini ktia semua di lancarkan ya puasa nya, amin ya rabbal. AMIN YA RABBAL'ALAMIN.






Post a comment

0 Comments