Nikah Muda Di Umur 13 Tahun


Menikah adalah moment bahagianya setiap orang dan yang paling di nantikan oleh ke dua pasangan. Baru baru ini ada berita dimana anak SMP kelas 2 yang masih bocah menikah dimana anak yang berumur 13 tahun dan kelas 2 SMP mereka nikah di takalar, Sulawesi Selatan.

Gimana ceritanya mereka bisa lolos dengan menikah di bawah umur apa lagi undang undang. Undang UndangTahun 1974 Pasal 7 No 1 mengatakan :

“Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 (enam belas) tahun.”

Apakah benar nikah dini diperbolehkan? Ada banyak spekulasi dari beberapa pemikiran orang kalau di perhatikan menghindari perzinahan dimana mereka belum muhrim ke 2 apakah karena adat? Soalnya ada yang mengatakan seperti ini :

“Jadi gue diceritain sama dosen gue. Ada di daerah tertentu terutama sulawesi gitu, mereka mempertahankan kemurnian keluarga, maksudnya menikah dengan orang di keturunan yang sama agar keturunannya murni dari keluarga itu, nah supaya itu tetap terjaga, anak dinikahkan pas masih kecil karena masih belum paham cinta jadi mengecilkan kemungkinan untuk tercemarnya kemurnian keluarga tersebut. Meskipun gue pribadi menentang ya pernikahan dibawah umur, tapi ya kalo budayanya gitu mau gimana lagi.” @galfdini_jeon

                
Hal yang begini yang membuat banyak pertanyaan dan pertentangan terutama saya sendiri sih kurang setuju karena pun kasian aja umur segitu mereka harus melakukan pernikahan alangkah baiknya mereka di perkenalkan dan saling bersilaturahmi saja dulu tapi kalau dah begitu kehendak dari mereka dan orang tuanya apa mau di kata saya cuman bisa men doakan mereka langgeng aja.

Sebenernya kejadian ini bukan kali pertamanya menikah di umur  yang sangat muda gini banyak gini negri pun banyak juga bukan hanya indo saja kok jadi jangan sensian ya melihat gini. Kesimpulannya jikapun mereka nikah dini dikarenakan adat mau gimana lagi di indonesia sendiri adat itu masih sangat kental dan sangat di hargai banget.

Ketika ada yang berpikiran lebih baik nikah cepat dari pada akhirnya buat zinah apa lagi berpacaran kan haram hukumnya dimana mereka bukan muhrim. Hal ini memang lebih baik tapi apakah iya umur segini disegerakan menurut saya statemen seperti itu di pergunakan ketika sang pria yang sudah baligh dan sang wanita juga sudah datang bulan, di tambah lagi sang pria sudah mampu untuk menghidupin sang wanita atau bertanggung jawab.

Jadi kesimpulannya kita atau saya sendiri masih belum tau apa alasan ke dua belah pihak ini menjalankan pernikahan di usia dini dan alangkah baiknya berpikir positif aja dikarenakan kita tidak tau apa yang terjadi.

Sumber Gambar : makassar_iinfo

Post a comment

0 Comments