Tutorial Menghapus Data-Data di Temp



Jadi gini nih sering kali ketika kita bekerja di komputer  tiba-tiba mati lampu, otomatis dong data data yang kita kerjakan di word atau di aplikasi lain belom kesimpen dong ya, nah tugas temp (temporary file) biasanya digunakan untuk penyimpanan data-data default/memulihkan data ketika bencana itu terjadi, jadi pas saat kita menyalakan laptop atau pc kita data yang belom kita save tersimpan disitu atau di aplikasinya tertulis auto save.

hmm terus untuk apa dong dihapus data-data yang berada di temp kalau isinya tempat file file penting berada?

- Pada saat tugas kamu siap dan selesai kamu kerjakan atau pada saat kamu mengextract file rar lalu gagal file file tersebut tidak langsung terhapus automatis dan akan terus menumpuk sehingga beban Local Disk (C:) kamu akan bertambah dan itu membuat space di hardisk kamu semakin berkurang nah disinilah kita harus menghapus file file temp tersebut dimana kita bisa menemukannya

Lokasi di mana Temporary File berada

Temporary File yang dibuat oleh sistem Windows
 C:\Windows\Temp


C:\Windows\Temp

Temporary File yang dibuat oleh pengguna Windows
C:\Users\USERNAME\AppData\Local\Temp

Biasanya, sistem akan menyembunyikan folder AppData sehingga kamu tidak dapat melihat keberadaan folder tersebut di Windows Explorer. Untuk dapat melihat folder tersebut, caranya buka menu Organize -> Folders and Search Options -> pilih tab View -> pilih Show hidden files, folders, and drives.

Mengapa ada 2 lokasi penyimpanan Temporary File?

Temporary File yang terletak di direktori C:\Windows\Temp , dibuat otomatis oleh sistem Windows yang berasal dari proses-proses sistem Windows. Sedangkan Temporary File yang terletak di direktori C:\USERNAME\AppData\Local\Temp , dibuat otomatis saat pengguna menjalankan suatu program tertentu. Temporary File yang berasal dari suatu program mungkin dapat juga berlokasi di sub folder di dalam folder induk program tersebut.

cape nyari nya tekan pada saat di desktop
Windows+R
akan muncul popup seperti ini

lalu ketik
%Temp%

klik Ok
setelah itu akan muncul popup berisi list-list folder

loh kok gambar disitu kosong gk ada folder maupun file ?
- ya dong saya kan sering menghapus file maupun folder yang berada di temporary file biar space nya banyak

lalu setelah itu apa yang dilakukan
select semua folder dan file di dalam itu atau tekan ctrl+A
lalu tekan Del untuk mendelete

liat di trash bin apa kah file nya ada yang di delete ada disitu kalau gk ada selamat anda telah memberi kelegaan pada Local Disk (C:) anda


Post a comment

0 Comments