Perbedaan Jurusan Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi



Ke 2 ini adalah jurusan yang populer di era sekarang kalau dulu hanya bisa dihitung mahasiswanya terutama yang swasta apa lagi saya sendiri ber domisili di medan dulu sepi senyap lah kalau masalah jurusan ini.

Ada perbedaan yang sangat sederhana tapi mempunyai peranan penting dan saling membutuhkan diamana saya anggap ada 2 peranan diamana da sang dokter dan kesehatan masyarakat :

1.    Dokter (Teknologi Informasi)
Teknis ini di contohkan seperti kalian seorang dokter dan dokter tugasnya menyembuhkan dari pasien.

2.    Kesehatan Masyarakat (Sistem Informasi)
Dimana kalian adalah orang yang mengolah rumah sakit.

Dari gambaran di atas yang artinya Teknologi Informasi berperan sebagai orang yang membuat suatu teknologi yang untuk membantu dari kerja si Sistem Informasi. Contoh Teknologi Informasi : Komputer, Handphone dan peralatan elektronik lainnya

Sistem Informasi sendiri mempunyai peran yaitu sistem yang menyediakan berbagai informasi untuk si user Contohnya kalau kalian ingin registrasi dan mereka meminta data kalian seperti nama atau alamat itu adalah salah satu bagian dari Sistem Informasi (Input Data/Informasi), contoh yang lain yang gampang ditemui di indomaret dimana mbak mbak kasirnya mengetik data (barcode) yang ada di makanan, ketika di ketik maka harga dan nama barang langsung masuk di dalam layar monitor.

Ke 2 bidang tersebut saling membutuhkan dimana Sistem Informasi membutuhkan si Teknologi Informatika, kalau tidak adanya komputer maka Sistem Informasi tidak berfungsi sama sekali begitu juga sebaliknya, adanya komputer tapi tidak ada Sistem Informasi tidak berguna juga.

Jika kalian mendaftar di salah satu kampus dan kalian tidak menemukan jurusan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi kalian jangan bingung dan jangan panik santai dan relax aja cuma namanya aja yang berbeda, hal ini disebabkan karena variasi nama yang di buat oleh PRODI (Program Studi) kampus itu. Kalian cukup tanyakan saja kepada orang yang ber jaga di bagian tempat penerimaan mahasiswa baru, mereka akan menjelaskan se jelas jelasnya PRODI di kampusnya.

Adanya perbedaan yang terjadi dikarenakan PRODI dikampus emang ber beda beda, contohnya saya sendiri yang berdomisili di medan dan saya pertama daftar masuk ke jurusan Teknologi Informatika di kampus (A) tapi setelah saya pindah kampus ke (B) saya berpindah jurusan menjadi Sistem Informasi ketika saya tanya ke kampus (B) rupanya itu adalah jurusan yang sama di kampus (B) kalau saya menetap di Teknologi Informatika saya akan berbeda jurusan.

Post a comment

0 Comments