Fotografi Untuk Pemula



Halo sobat ahome, selamat datang buat kamu yang baru saja melihat lihat artikel tentang fotografi , pada tau gak sih apa itu fotografi ?

Banyak artikel yang menyebutkan fotografi merupakan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.

Pengertian tersebut cukup mudah dimengerti, tetapi aku rasa kalian pasti punya pengertian tersendiri saat kalian sudah memasuki pemahaman tentang fotografi itu sendiri.
Banyak elemen elemen yang ada pada dunia fotografi , gak beda jauh sama avatar untuk menguasai elemen-elemen di dunia fotografi ,membutuhkan latihan untuk merasakan bidang ini, mungkin artikel pada site ini bisa membantu sobat ahome , menemukan jalan sendiri dalam menguasai bidang fotografi.

Oke kita lanjut, untuk bisa merasakan langsung , sobat ahome setidaknya sudah memiliki media penangkap cahaya , maksudnya kamera, boleh kamera dari handphone, DSLR , Mirrorless atau sejenisnya, ketika sobat ahome telah memiliki media salah satu media penangkap cahaya , selanjutnya sobat ahome harus bisa mengenal lebih jauh media yang sobat ahome miliki ,terutama dasar elemen segitiga exposure pada media tersebut.

Simplenya, ada 3 elemen yang  wajib sobat ahome ketahui sebelum melukis menggunakan cahaya pada media yang sobat punya. Elemen tersebut terdiri dari :

1.    Shutter Speed
2.    Aperture
3.    ISO

Ke tiga elemen ini bisa dibilang wajib diketahui untuk seorang fotographer, karena elemen ini  saling berhubungan karena dan dengan kombinasi ke tiga elemen ini sobat bisa menghasilkan gambar yang bagus.

Sebelum mencoba kombinasi dari ketiga elemen, sobat ahome juga harus tahu kegunaan dari tiap – tiap elemen dasar, disini aku akan coba share  sedikit tentang kegunaan elemen ini, pemahaman dari tiap elemen akan kita bahas di page selanjutnya.

Banyak artikel yang membahas elemen dasar dari kamera , tapi disini aku mencoba share menurut pemahaman yang aku dapat selama motret ke sobat ahome, sobat ahome juga bisa menambah wawasan dengan mencari info lain.

1.    Shutter Speed

Shutter speed ini merupakan elemen yang mengatur  kecepatan dalam pengambilan gambar , satuan elemen ini yaitu detik. Dengan shutter speed kita bisa membuat gambar memiliki ketajaman, dan motion blur, semakin tinggi nilai dari shutter speed maka semakin tajam kecepatan gambar akan dihasilkan pada objek, dan semakin rendah nilai shutter speed maka semakin banyak motion blur yang akan dihasilkan pada objek ( ketika objek bergerak )

2.    Aperture

Aperture ini merupakan elemen yang mengatur seberapa luas jarak fokus pandang kamera pada si objek, semakin tinggi nilai angka aperture pada kamera semakin luas jarak focus pandang kamera pada siobjek , sehingga ketika sobat menggunakan aperture dengan nilai yang besar memungkinkan sobat mendapat gambar yang tajam merata, namun ketika sobat ahome melihat pada lensa yang sobat punya maka diafragma ( mata lensa didalam kaca ) semakin mengecil .

Semakin kecil nilai angka aperture pada kamera  semakin sedikit jarak focus pandang kamera pada siobjek ,sehingga titik focus hanya pada objek yang menjadi target, dan area selain objek menjadi blur. Fenomena ini sih sering dibilang dengan sebutan bokeh,  namun ketika sobat ahome melihat pada lensa yang sobat punya maka diafragma ( mata lensa didalam kaca ) semakin membesar.

3.    ISO

ISO ini merupakan elemen yang membantu pencahayaan pada gambar,ingat ya hanya membantu,  karena sifatnya gak natural jadi tidak disarankan menggunakan ISO yang terlalu tinggi , karena akan merusak kualitas gambar , disisi lain iso tinggi juga diperlukan. ( akan kita bahas di page pemahaman )


Post a comment

0 Comments