Cara Cepat membuat Daftar Isi Otomatis Terbaru


Daftar isi adalah sebuah peta dimana pengertiannya sebagai petunjuk atau bahasan pokok dalam suatu buku ataupun makalah. Ketika ingin mencari pembahasan di dalam buku alangkah baiknya di awali membaca daftar isi hal ini dapat mempermudah dalam pencarian yang di inginkan, jadi layaknya peta.


Sekarang Ms Word bukanlah hal yang tabu lagi, apa lagi Ms Word ini sangat banyak di gunakan dalam pembuatan makalan, buku ataupun kebutuhan lainnya di bidang perkantoran dan pendidikan.

Pembahasan

Disini saya sudah menyiapkan bahan sepeti gambar dibawah ini :


NB :
  • Disitu sudah tertera 2 halaman, halaman 1 Daftar Isi dan halaman 2 BAB I PENDAHULUAN
  • jangan dipermasalahkan dikitnya Latar belakang atau perumusan dll karena itu sudah saya potong soalnya kan ngebahas pembuatan daftar isi bukan pembahasan isi nya.
  • Untuk BAB I PENDAHULUAN memang sengaja tidak di enter karena akan berpengaruh ke daftar isinya.
Letakkan kursor di belakang huruf P, setelah itu lanjut seperti gambar dibawah ini :


tujuan menggunakan Text Wrapping adalah agar membuat kebawah si Pendahuluan dalam artian Text Wrapping mempunyai arti memasukkan suatu objek yang mempunyai tujuan membuat teks tersebut menjadi bersama dengan teks lainnya. 

Hasilnya tampak seperti gambar di atas, ketika di lihat mata BAB I adalah baris pertama dan PENDAHULUAN adalah baris ke 2, tapi word akan membaca mereka itu tetep satu baris.

Proses Daftar Isi

Blok dulu BAB I PENDAHULUAN dan pilih more di bagian Styles :


Setelah di klik More, langsung aja pilih Create a Style :



Lanjut ke bagian Create New Style degan tampilan seperti dibawah ini, langsung aja Name di ubah menjadi Judul, pemberian nama ini sebenernya bebas tapi agar mempermudah aja alangkah baiknya di buat Judul aja.


Begitu juga untuk Sub Judul, Block dulu sub judul - klik More - Create a New Style :


Untuk ini nama di ubah dengan Sub Judul :


Setelah proses pembuatan Style Judul dan Sub-Judul selesai maka untuk selanjutnya tinggal klik aja, seperti di gambar ini :

jangan lupa untuk meletakkan kursor di belakang huruf terus di lanjutkan dengan klik style Sub Judul kalau ingin menggunakan sub judul, kalau mau judul yaudah pilih aja judul, tergantung apa yang di butuhkan.

Lanjut tahap ke dua dalam pembuatan daftar isi, disini adalah tahapan akhir dalam pembuatan daftar isi.


Bagian klik menu references dan bagian ujung kiri layar monitor pilih Table Of Contents - klik Costum Table of Contents.


Klik dulu Option nya entar akan muncul Table Of Contents Options yang dikotakin merah itu hapus aja kosongin, yang harus di isi itu Styles yang kita buat tadi si Judul dan Sub Judul :


Kalau sudah langsung aja klik OK, maka hasil akan tampak seperti ini :

Selesai sudah pembuatan dari daftar isi yang sangat gampang ini modal klik aja sudah begini, silahkan mencoba ya..

Post a comment

0 Comments